Optimis Indo
Berita Terkini

Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Menyerahkan Lima Unit Pesawat NC212i kepada TNI Angkatan Udara

Optimisindo.com – Secara resmi, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, telah menyerahkan lima unit pesawat NC-212i kepada TNI Angkatan Udara di Lanud Halim Perdanakusuma pada hari Selasa (12/12).

Kelima pesawat ini merupakan bagian dari program pengadaan sembilan unit pesawat NC-212i yang akan memperkuat Skadron Udara 4 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

“Kita berharap industri pertahanan kita akan terus meningkat, bahkan sampai mampu memproduksi pesawat tempur,” ujar Menhan.

Proses pengadaan pesawat ini bertujuan mendukung operasional TNI baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan memajukan industri pertahanan dalam negeri. NC-212i, sebuah produk pesawat angkut ringan yang sepenuhnya diproduksi oleh anak bangsa di PTDI, menjadi perwujudan dari komitmen tersebut.

Dengan beragam konfigurasi penggunaan, seperti pengangkut pasukan, evakuasi medis udara, foto udara, modifikasi cuaca, dan pelatihan navigasi udara, pesawat NC-212i menonjolkan desain dan proses perawatan yang sederhana, menghasilkan efisiensi dalam biaya operasional dan perawatan. Hal ini menjadikannya sebagai pesawat terbaik di kelasnya.

Keunggulan pesawat NC-212i mencakup penerapan sistem avionik generasi terbaru untuk meningkatkan keselamatan penerbangan dan mengurangi beban kerja awak pesawat. Dengan muatan maksimal hingga 28 penumpang dan payload terbesar di kelasnya mencapai 3 ton, serta kabin terluas dengan volume mencapai 22 m3, pesawat ini dilengkapi ramp door untuk memudahkan proses loading dan unloading. Kemampuan take-off dan landing di landasan tanpa aspal menambah fleksibilitas operasional pesawat ini.

Upacara penyerahan pesawat NC-212i dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Aslog Panglima TNI, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Wakil Komisaris Utama PTDI, Sekjen Kemhan, dan Irjen Kemhan.

Baca Juga : Presiden Joko Widodo Luncurkan Sertifikat Tanah Elektronik

Yuk dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari optimisindo.com. Untuk kerjasama lainya bisa kontak email dan sosial media kami lainnya!

Related Articles

Penutupan Pegipegi di Indonesia Setelah 12 Tahun, Berikut Penjelasannya

salma hn

Jokowi Teken Aturan Pajak Baru untuk Karyawan, Berlaku per 1 Januari 2024

salma hn

Selamat Hari Ibu! Ini Daftar Ucapakan Hari Ibu Islami Penuh Doa dan Harapan

salma hn

Leave a Comment